Senin, 07 Januari 2013

RANGKUMAN KULIAH DISAIN PEMBELAJARAN



BAGAIMANA SEBAIKNYA MEMBUAT KISI-KISI

·        Pembuatan Kisi- kisi hendaknya mencantumkan tujuan pembelajaran
·         Mother test atau soal  induk dapat diuraikan atau di kloning menjadi beberapa item soal. Sehingga dalam kisi-kisi akan lebih mudah mencantumkan soal induk.
·         Guru hendaknya mengembangkan kreativitasnya dalam membuat evaluasi, baik dalam pembuatan kisi-kisi sampai pembuatan soal, sehingga tidak terpaku pada pakem yang ada dari DEPDIKBUD.
·         RPP sampai pada pembuatan kisi-kisi soal merupakan rangkaian yang menyatu sehingga sebaiknya disusun dalam kesinambungan.
·         Akan sulit bagi guru membuat soal evaluasi tanpa tahu tujuan pembelajaran dalam RPP.
·         Kami coba membuat format kisi-kisi baru yang berurutan dari Kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, indikator soal bentuk soal hingga soal induk.
·         Sebagai guru hendaknya kita terbuka pada inovasi-inovasi di bidang pendidikan, jangan menutup diri dengan ilmu baru karena pendidikan dari masa ke masa akan selalu berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.
·         Oleh karena itu kurikulum pasti juga akan mengalami perubahan dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang akan datang, karena anak didik kita sekarang ini tentu akan hidup di masa depan pada zaman yang  akan lebih maju dari sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar